23 Film yang Wajib ditonton setiap Arsitek


Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa para arsitek telah membuat dunia kita menjadi tempat yang lebih baik.
Perlunya sebuah penghargaan yang layak untuk mereka semua.
Berikut adalah daftar film yang memberi kita wawasan tentang bagaimana orang-orang besar tersebut berpikir,
berperilaku dan bekerja.

#23 My Architect (2003)

Nathaniel Kahn melakukan perjalanan ke penjuru dunia untuk mengunjungi bangunan terkenal yang dibangun oleh almarhum ayahnya, arsitek Louis Kahn. Namun, di balik ketenarannya ada sebuah cerita yang menyakitkan di balik kehidupan arsitek, yang berpuncak pada kematian, ketika Nathaniel berusia 11 tahun. Film ini menceritakan hubungan istimewa antara ayah dan anak melalui karya menjulang beberapa bangunan terbaik di dunia.

 

#22 EAMES: The Architect and The Painter (2011)

Tim suami-istri Charles dan Ray Eames yang desainer industri Amerika yang paling berpengaruh dan penting. Dikagumi untuk kreasi mereka dan menarik sebagai individu, mereka telah naik ke status ikonik dalam budaya Amerika.

 

#21 Visual Acoustics (2008)

Visual Akustik merayakan karir Julius Shulman, fotografer arsitektur terbesar di dunia, yang membawa gambar arsitektur modern ke mainstream Amerika. Shulman, yang meninggal tahun ini, karya sebuah arsitektur modern dan progresif sejak 1930-an termasuk Frank Lloyd Wright, Richard Neutra, John Lautner dan Frank Gehry. Karya nya melambangkan keindahan tunggal gerakan modernis Southern California dan membawa struktur ikon untuk perhatian masyarakat umum. Film yang unik ini merupakan sebuah bukti evolusi arsitektur modern dan potret karya tak terlupakan.

 

#20 Sketches of Frank Gehry (2005)

Ini adalah surat cinta dari seniman lain. Sydney Pollack, seorang yang hanya sedikit mengenal arsitektur yang sangat dikaguminya, dan dia diundang oleh temannya, seorang arsitek terkenal bernama Frank Gehry, untuk membuat sebuah film dokumenter tentang kehidupan dan metoda kerja Gehry Pollack, salah satu kekuatan cerita pada film ini merupakan Hubungan yang berasal dari rasa saling menghormati sebuah wawasan, berdasarkan pengalaman mereka sebagai seniman.

 

#19 Infinite Space: The Architecture of John Lautner (2008)

Sebuah film Dokumenter terbaik tentang pandangan arsitek abad pertengahan John Lautner.

 

#18 Oscar Niemeyer – Life is a Breath (2010)

Sebuah film dokumenter tentang kehidupan, pekerjaan dan filsafat jenius seorang manusia.

 

#17 Citizen Architect: Samuel Mockbee and the Spirit of the Rural Studio (2010)

Sebuah pedasaan di Alabama pedesaan, seorang mahasiswa arsitektur melawan kemiskinan demi membangun masyarakat, untuk membuat dunia yang lebih baik.

 

#16 The World of Buckminster Fuller (1974)

Film peraih Oscar ini mencoba membawa penonton ke dalam pikiran dan jiwa seorang bernama Fuller, salah satu arsitek terbesar pada abad keduapuluh.

 

#15 Frank Lloyd Wright (1998)

Sebuah biografi kehidupan dan karya arsitek terbesar Amerika sepanjang masa.

 

#14 Antonio Gaudí (1984)

Kamera Hiroshi Teshigahara membawa kita berkelana menuju bangunan dan taman yang dirancang oleh Antonio Gaudi  (1852 – 1926), seorang arsitek Catalan, pembuat keramik, dan pematung. Teshigahara menunjukkan pengaruh gereja Romawi, biara-biara di Gaudí dan pengaruh gua serta tebing dari Montserrat, yang berdekatan dengan Barcelona.

 

#13 Kochuu (2003)

KOCHUU adalah film visual yang menakjubkan tentang arsitektur modern Jepang, berakar pada tradisi Jepang, dan dampaknya terhadap tradisi bangunan Nordic. Cerita yang berliku mengenai visi masa depan, konsep tradisional, alam, beton, kebun dan ruang teknologi tinggi. film ini menjelaskan bagaimana arsitek kontemporer Jepang berusaha untuk menyatukan cara manusia modern dengan filosofi tua di konstruksi yang mengagumkan.

 

#12 Philip Johnson: Diary of an Eccentric Architect (1994)

Menceritakan sebuah pemikiran salah satu arsitek paling kreatif dan signifikan bernama Philip Johnson, yang selalu berada di garis terdepan perubahan gaya, dan properti di New Canaan, Connecticut.

 

#11 Maya Lin: A Strong Clear Vision (1994)

Sebuah film tentang karya seniman yang paling terkenal dengan monumen nya seperti Vietnam Memorial Wall dan Civil Rights Fountain Memorial.

 

#10 Rem Koolhaas: A Kind of Architect (2005)

Rem Koolhaas: A KIND OF ARCHITECT adalah potret menarik dari seorang pria visioner yang membawa kita ke jantung ide-idenya. Direksi Markus Heidingsfelder dan Min Tesch telah membuat visual inventif, pemikiran potret arsitek Rem Koolhaas untuk negaranya.

 

#9 How Much Does Your Building Weigh, Mr Foster? (2010)

Film ini menelusuri munculnya salah satu arsitek utama dunia, Norman Foster, dan pencarian tanpa akhir untuk meningkatkan kualitas hidup melalui desain.

 

#8 The Competition (2013)

Sebuah cerita bagaimana beberapa arsitek terbaik di dunia, raksasa desain seperti Jean Nouvel, Frank Gehry atau Zaha Hadid, berjuang untuk mengalahkan kompetisi untuk National Museum of Art di Andorra. Sementara hampir setua profesi itu sendiri, kompetisi arsitektur menjadi fenomena sosial, politik dan budaya.

 

#7 The Belly of an Architect (1987)

Seorang arsitek Amerika tiba di Italia, mengawasi pameran untuk arsitek Perancis, Boullée, yang terkenal dengan struktur oval nya. Melalui kursus 9 bulan ia menjadi terobsesi dengan perutnya, menderita sakit perut yang parah, kehilangan istrinya, pameran, anak yang belum lahir dan akhirnya nyawanya sendiri.

 

#6 Archiculture (2011)

Archiculture membawa pada kebijakan yang kritis pada sebuah studio arsitektur. Film 25 menit ini menawarkan cerita yang unik berbasis studio, pendidikan desain melalui mata sekelompok mahasiswa dalam menyelesaikan proyek akhir desain mereka. Wawancara dengan pemimpin profesional, sejarawan dan pendidik membantu menciptakan dialog penting di sekitar isu-isu kunci yang dihadapi memalui metodologi pengajaran yang unik dan lingkungan binaan demi menghasilkan arsitek masa depan.

 

#5 The Fountainhead (1943)

Ini adalah klip dari film tahun 1949-an, The Fountainhead, yang terbuat dari 1.943 novel karya Ayn Rand. menceritakan tentang seorang pria, seorang arsitek, yang memilih untuk tetap dalam ketidakjelasan daripada berkompromi mengenai integritas artistik bangunannya.

 

#4 Gran Horizonte: Around the day in 80 Worlds (2013)

Disusun dengan bahan yang dikumpulkan oleh U-TT Film selama tiga tahun, film dokumenter ini menggambarkan realitas informalitas perkotaan di seluruh dunia, terstruktur dalam menurunkan mimpi-seperti dari satu hari. Mengajukan pertanyaan daripada menyajikan jawaban, “Gran Horizonte” bertujuan untuk memperluas perspektif pemirsa tentang dunia kedua.

 

#3 The architect (2006)

Seorang arsitek yang terlibat dalam konflik dengan seorang aktivis yang tinggal di sebuah kompleks yang dirancang olehnya.

 

#2 The Human Scale (2012)

Setengah dari populasi manusia tinggal di wilayah perkotaan. Pada tahun 2050, ini akan meningkat menjadi 80%. Kehidupan di megacity yang mempesona dan bermasalah. Hari ini kita menghadapi puncak minyak, perubahan iklim, kesepian dan masalah kesehatan yang parah karena cara hidup kita. Tapi kenapa? Arsitek Denmark dan profesor Jan Gehl telah mempelajari perilaku manusia di kota melalui empat dekade. Dia telah mendokumentasikan bagaimana kota-kota modern mengusir interaksi manusia, dan berpendapat bahwa kita dapat membangun kota dengan cara membawa kebutuhan manusia. ‘The Human Scale’ menggabungkan para pemikir, arsitek dan perencana kota di seluruh dunia. Ini mempertanyakan asumsi kita tentang modernitas, menjelajahi apa yang terjadi ketika kita menempatkan orang-orang ke pusat perencanaan kita.

 

#1 Away From All Suns (2012)

Di gang-gang belakang Moskow, harta karun terlupakan: bangunan utopis, dibangun pada tahun 1920 dalam semangat konstruktivisme Rusia. merupakan sebuah Reruntuhan masa depan, mencerminkan harapan dan penyimpangan dari modernitas.

sumber

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s