Feng Shui Dapur



Dalam Feng Shui, dapur merupakan faktor paling penting kedua yang mempengaruhi keberuntungan keluarga. Mengapa? Karena dapur adalah tempat dimana makanan yang kita masak berada. Jika bentuk tata ruangan dapur salah, maka akan menimbulkan energi negatif atau ‘Sha Qi’ dimana akan mempengaruhi makanan yang kita makan. Oleh karena itu, dapur adalah tempat dimana keberuntungan keluarga khususnya dalam hal kesehatan berada. Ketika kita membicarakan dapur maka tak terlepas dengan posisi kompor, mengingat kompor adalah alat utama yang dipakai dalam memasak makanan. Oleh sebab itu, selain memperhatikan tata ruangan dapur seyogyanya juga memastikan bahwa posisi kompor berada pada penempatan yang baik.


Lazada Indonesia

Dalam filosofi Tiongkok, kesehatan adalah faktor utama yang harus diperhatikan oleh tiap orang. Mengapa? Karena dengan memiliki tubuh yang sehat (kuat) maka otomatis seseorang dapat lebih ulet dalam menyukseskan usahanya. Oleh sebab itu, posisi kompor sering juga diasosiasikan dengan kekayaan seseorang, dan tidak disarankan mempunyai kompor yang terlihat dari pintu utama depan, karena bila pintu utama depan membuka ke arah kompor, maka energi ‘Qi’ yang datang dari luar akan memukul kompor sehingga merusak kestabilan atau keberuntungan seseorang.
Kasus lain yang lebih buruk adalah bila ada 2 pintu atau lebih yang sejajar dengan kompor. Mengapa? Karena setiap pintu bertindak sebagai pompa yang menarik masuk sebuah energi ‘Qi’, dan 2 pintu atau lebih yang diletakkan secara berurutan sama seperti 2 pompa yang dirangkaikan secara berseri sehingga menghasilkan tekanan yang cukup kuat.

Dalam mencapai kemakmuran, seseorang memerlukan dukungan dari orang lain. Kompor yang tanpa sandaran atau pendukung berarti tidak memiliki teman penolong atau ‘Gui Ren’ dalam bisnis. Jendela dalam Feng Shui dianggap kosong, oleh sebab itu kompor yang berada di depan jendela dianggap tidak memberi dukungan dan hal ini bisa berakibat nyata pada kehidupan bisnis seseorang.

Kasus yang lebih buruk terjadi, ketika di belakang kompor tidak hanya terdapat jendela namun adanya tangki air yang segaris lurus dengan posisi kompor tersebut. Dalam Feng Shui, posisi air (tangki air) yang berhadapan dengan posisi api (kompor) kita sebut dengan ‘Shui Huo Xiang Chong’ dan dapat mempengaruhi keharmonisan keluarga, khususnya antara suami dan istri.

Kasus yang sama juga terjadi ketika, posisi kompor yang saling berseberangan dengan posisi keran air. Energi ‘Qi’ air dari keran dan energi ‘Qi’ api dari kompor adalah 2 unsur yang berbeda dan saling bertentangan. Energi yang bertentangan ini bisa mempengaruhi kesehatan penghuni khususnya dalam emosi atau temperamen seseorang yang sering menggunakan (untuk memasak) kompor ini. Jika istri yang sering menggunakannya, maka dapat mempengaruhi temperamen dia yang labil dan berpengaruh pada pertengkaran yang terjadi tentang hal-hal kecil. Dan tentu saja, ini bisa mempengaruhi keharmonsian keluarga dalam jangka panjang. Lantas, bagaimana jika posisi kompor tersebut sejajar dengan keran air? Jika posisi keran air tersebut kurang dari 1 meter maka bisa menimbulkan akibat yang sama namun jika posisinya lebih dari 1 meter maka tidak perlu dikhawatirkan! Namun bila posisi di seberang kompor hanyalah kulkas ataupun mesin cuci, maka hal ini tidak akan mempengaruhi apa-apa pada kehidupan Anda karena ini hanyalah sebuah mitos yang berkembang dalam masyarakat untuk melarangnya.

Kasus yang sering terjadi adalah ketika dibelakang kompor persis adalah posisi bak air, wastafel, ataupun urinor yang pipa sanitasinya melewati posisi belakang kompor. Ini juga disebut dengan ‘Shui Huo Xiang Chong’ atau 2 unsur api dan air saling bertentangan. Namun, apabila posisi bak air, wastafel, maupun urinor tersebut berada di posisi sebaliknya dan/atau posisi pipa sanitasi tidak melewati posisi dibelakang kompor maka hal ini tidak perlu dikhawatirkan!

Ada 1 hal penting yang luput diperhatikan oleh para pemilik rumah ketika awal membangun rumah, yaitu posisi pipa saluran air sanitasi yang melewati dibawah kompor. Seperti apa yang pernah saya bahas pada bagian Feng Shui Interior Pintu Rumah bahwasanya garis vertikal antara atas dan bawah dari sebuah obyek yang penting (dalam hal ini adalah kompor) tidak boleh ada pelanggaran. Oleh sebab itu, sekalipun posisi pipa saluran terpendam dibawah lantai namun bila berada dibawah kompor juga dianggap merusak keberuntungan keluarga, mengingat posisi pipa air ini bertentangan dengan unsur api yang dibawa oleh kompor.

Dari sekian banyaknya kasus yang telah saya bahas di atas, solusi yang bisa dilakukan cukup mudah yaitu dengan memindahkan posisi kompor di tempat yang tepat (tidak bermasalah) sesuai dengan pedoman Feng Shui. Kasus terakhir yang terjadi adalah ketika terdapat balok menonjol berada di atas kompor. Balok yang menonjol dapat menyebabkan tekanan energi ‘Qi’ di sekitar balok menjadi fluktuatif atau tidak stabil dan ini dianalogikan seperti menghambat pertumbuhan keberuntungan keluarga. Solusi yang bisa diberikan adalah:
1. Memindahkan posisi kompor,
2. Menurunkan langit-langit balok menonjol agar tertutup,
3. Memasang cermin di bawah balok karena cermin membiarkan energi melewatinya (cermin adalah pemantul spektrum cahaya). Tekanan pada kompor bisa dinetralkan.

Hal terakhir yang perlu Anda ingat seputar penataan dapur atau kompor adalah:

1. Hindarilah menempatkan dapur dan/atau kompor di sektor tengah ruangan rumah. Mengapa? Karena bagian tengah rumah mewakili jantung atau pusat keutuhan keluarga dan dengan menempatkan dapur maupun kompor di sektor tengah rumah maka hal ini seperti merusak keharmonisan penghuni atau secara kesehatan mudah menimbulkan penyakit dibagian jantung.
2. Hindarilah juga meletakkan kompor yang segaris lurus dengan posisi pintu masuk ruang dapur, mengingat energi ‘Qi’ ketika memasuki ruangan mudah mengenai bagian kompor terlebih dahulu. Apabila kompor tersebut adalah kompor permanen, maka satu-satunya solusi adalah dengan sering menutup pintu dapur tersebut.

sumber 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s