Tips Memburu Properti di Pameran


pameran-apartemen

Tips Memburu Properti di Pameran – Pameran properti yang kerap diselenggarakan di beberapa kota besar memancing minat masyarakat untuk membeli properti. Biasanya dalam pameran tersedia penawaran menarik dari para peserta yang didominasi oleh pengembang properti, agen real estate dan lainnya. Penawaran tersebut berupa potongan harga, bonus furniture serta suvenir. Meskipun dalam pameran terdapat promosi menggiurkan, jangan lekas terbuai. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda hendak berburu properti di pameran.

1. Lakukan studi banding

Saat ajang pameran berarti saatnya Anda melakukan studi banding. Maksudnya ialah Anda meriset semua properti yang ditawarkan oleh para pengembang dan bandingkan harganya. Dan apakah antara satu pengembang dengan yang lainnya memberi penawaran harga berbeda di satu lokasi perumahan yang sama. Studi banding ini juga bertujuan agar Anda jadi tahu kekurangan dan kelebihan masing-masing properti yang ditawarkan. Bisa saja properti yang dipamerkan merupakan properti yang tidak laku karena lokasinya rawan banjir lalu para pengembang menjualnya dengan harga murah. Untuk itu dalam pameran, Anda harus jeli meneliti satu per satu properti yang dipasarkan agar tidak mudah terperangkap buaian para pengembang.

2. Hindari transaksi di tempat

Sebaiknya jangan terburu-buru melakukan transaksi pada saat pameran berlangsung. Hal ini untuk mengurangi risiko yang timbul sesudahnya. Misalnya, lokasi rumah tidak sesuai dengan gambaran si pengembang atau rumah yang Anda beli sulit terjangkau dengan kendaraan umum. Lebih baik melakukan transaksi setelah mengecek lokasi properti seperti dijelaskan di poin berikut.

3. Cek lokasi

Setelah Anda mengambil brosur di pameran lalu mendapat informasi yang cukup dari pengembang properti tak ada salahnya untuk cek lokasi langsung. Anda tentu tak puas hanya dengan melihat foto properti di dalam brosur dan maket saja. Mengecek lokasi properti yang Anda inginkan akan membantu dalam keputusan pembelian rumah. Tentu Anda bisa membuktikan apakah informasi yang diberikan si pengembang saat pameran sesuai dengan bukti yang ada di lapangan.

4. Jangan mudah tergiur diskon

Nah, ini yang perlu Anda terapkan sebelum menuju pameran. Meski promo bertebaran tetapi jangan mudah tergiur dengan diskon yang kerap ditawarkan oleh pengembang saat pameran. Sebab, bisa jadi pengembang tetap mematok harga yang sama dengan harga saat pameran. Untuk itu, Anda wajib bertanya secara detail kepada pengembang dan kunjungi situs resmi perumahan yang sedang dijual untuk memastikan apakah memang terdapat potongan harga atau tidak.

5. Sesuaikan dengan daya beli

Hal terakhir yang wajib diperhatikan ialah kondisi finansial Anda sendiri. Ketika Anda hendak mendatangi suatu pameran properti dan berniat untuk membeli maka carilah yang sesuai anggaran. Jangan membeli properti yang harganya mahal hanya karena bonusnya berlimpah. Seandainya Anda berniat melakukan pembayaran dengan cara mengangsur, hitung dulu berapa kemampuan Anda mencicil dalam sebulan. Jika salah langkah bisa-bisa justru macet di tengah jalan.

6. Pilih pengembang berpengalaman

Namanya ajang pameran berarti pesertanya yang mengikutinya juga sangat banyak. Bahkan bisa saja membuat Anda bingung mau memilih pengembang properti yang mana. Minimnya pengetahuan Anda mengenai identitas dan pengalaman pengembang akan membuat Anda rugi. Sebagai referensi, Anda bisa memilih pengembang yang sudah melakukan initial public offering (IPO) atau tercatat di Bursa Efek Indonesia karena biasanya lebih terjamin. Atau, pengembang yang terafiliasi dengan perusahaan terbuka. Supaya tahu siapa saja yang masuk dalam kategori ini, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu. (Foto: Ferdinand Lamak)
video : Pameran Apartemen

sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s