5 Peralatan Masak yang Kini Mulai Ditinggalkan


18444_photo

5 Peralatan Masak yang Kini Mulai Ditinggalkan – Dewasa ini, mungkin hampir semua peralatan rumah tangga beralih menggunakan sistem elektronik yang lebih mudah digunakan. Salah satu peralatan yang mengalami perubahan adalah peralatan masak. Banyak peralatan masak yang kini lebih mudah digunakan dengan teknologi saat ini. Penggunaan peralatan masak tradisional perlahan mulai tergeser dan jarang digunakan.

Ingatkah Anda bahwa beberapa waktu lalu, sebelum ada magic jar, kompor gas, dan berbagai peralatan masak modern lainnya, yang digunakan adalah peralatan masak tradisional? Kini, peralatan masak tradisional sudah sangat jarang digunakan karena lebih tidak praktis dibanding peralatan modern.

Rumah123.com mengajak Anda untuk mengingat atau mengenali kembali beberapa jenis peralatan masak tradisional yang pernah eksis di Indonesia. Berikut ini peralatan-peralatan tradisional yang pernah berperan besar untuk kegiatan memasak di rumah.

Tungku api

Tungku merupakan alat untuk memasak (kompor) yang terbuat dari tanah liat atau tumpukan batu bata. Kala itu bahan bakar yang digunakan untuk memasak adalah kayu bakar. Saat ini, tungku masih digunakan, terutama di daerah pedalaman yang belum mengenal peralatan tradisional.

tungku api

Anglo

Tak jauh berbeda dengan tungku api, Anglo digunakan untuk memasak. Anglo terbuat dari tanah liat seperti pot bunga yang salah satu sisinya terbuka. Hal ini dibuat untuk menaruh bahan bakar, sedangkan sisi tertutupnya untuk menghalangi angin memadamkan api.|Saat in anglo masih dapat ditemukan pada pedagang makanan tradisional.

anglo1

Dandang
Dandang merupakan alat untuk memasak nasi. Kebanyakan dandang terbuat dari tembaga yang berwarna kuning keemasan dan memiliki bentuk seperti topi pesulap yang dibalik. Dandang digunakan untuk menanak / masak nasi dengan cara mengukusnya.

dandang

 

Tampah

Tampah adalah penampang bulat dan lebar yang berbahan dasar bambu. Tampah berfungsi untuk menampah beras untuk memisahkan sekam beras dan kotoran lainnya pada beras.

tampah

Tempayan

Tempayan merupakan gentong besar yang terbuat dari tanah liat. Tempayan memiliki fungsi untuk menyimpan persediaan air di dapur. Namun, saat ini tempayan banyak digunakan untuk hiasan pada taman ataupun kolam.

tempayan

 

Demikianlah beberapa peralatan masak tradisional yang dulu pernah eksis di dapur rumah. Meski tidak lebih mudah daripada peralatan masak saat ini, peralatan masak tradisional menyajikan kualitas makanan lebih baik karena terbuat dari bahan-bahan alami. Memasak menggunakan peralatan tradisional juga diyakini membuat masakan menjadi lebih nikmat. (Editor: Ferdinand Lamak / Foto: Istimewa)

video : alat dapur sederhana yang mulai ditinggalkan


sumber : http://www.rumah123.com/

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s