Tips dan trik : Memulai Mendesain Interior


Tips-Awal-Memulai-Mendesain-Interior2Tips dan trik  :  Memulai Mendesain Interior – Mendesain interior bisa jadi pekerjaan yang dibilang mudah dan sulit di saat yang bersamaan. Mudah karena jika Anda sudah biasa, Anda sudah punya pengalaman dan insting untuk memadu padankan beragam pernak pernik interior. Sulit, jika Anda tak terlalu peka dengan beragam warna warni perlengkapan interior. Banyak orang ingin mendesain sendiri interior rumahnya agar nantinya ketika rumah sudah jadi, ia bisa merasa puas dengan hasil kerjanya. Tapi banyak juga yang bingung bagaimana cara memulainya? Apa saja yang harus disiapkan? Jangan khawatir karena berikut ini adalah beberapa penjelasan singkat apa saja yang harus Anda lakukan di awal ketika ingin mendesain interior sebuah hunian.

1. Siapkan pena, kertas, pembatas, atau printer

Ketika akan memulai mendesain interior, yang pertama harus Anda ketahui adalah bagaimana nantinya konsep desain interior yang ingin Anda gunakan pada rumah Anda. Cara paling mudah adalah dengan membeli buku-buku dan majalah interior. Coba buka lalu tandai yang mana interior yang Anda sukai untuk ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dll. Atau Anda bisa membuka internet dan mulai browsing ide desain interior untuk ruma huni. Print dan kumpulkan menjadi satu buklet ide interior Anda.

Tips-Awal-Memulai-Mendesain-Interior3
2. Cari lebih detail

Setelah mengumpulkan ide dan inspirasi interior rumah secara keseluruhan sekarang saatnya untuk melihat lebih detail per ruangan. Untuk kamar tidur contohnya, mulai lihat lebih detail, apakah Anda ingin ranjang dengan headboard? Atau lebih suka yang tampilannya polos dengan variasi lain? Apakah Anda ingin ada lampu gantung di atas tempat tidur? Apakah ada walk in closet besar dilengkapi dengan display rak untuk koleksi baju dan tas Anda? Lihat dan buat daftar apa saja yang harus ada di setiap ruangan. Mulai dari berapa banyak kursi, meja, lampu, aksesoris, catat dengan detail semuanya.

Tips-Awal-Memulai-Mendesain-Interior4
3. Tentukan palet warna

Setelah menghitung dengan detail apa saja yang Anda butuhkan di setiap ruangan, sekarang saatnya Anda mulai menentukan bagaimana suasana ruangan yang ingin Anda ciptakan. Bagaimana suasana untuk kamar tidur, apakah Anda ingin kamar yang temaram atau terang? Suasana di area ruang keluarga dengan warna yang mencolok atau netral saja? Tentukan konsep per ruangan sehingga Anda bisa memiliki bayangan bagaimana nantinya ruangan pada rumah Anda. Apakah nanti akan menggunakan cat dinding, atau mungkin wallpaper, tulis ide dan opsi pilihan Anda.

Tips-Awal-Memulai-Mendesain-Interior6

4. Pilih desainer interior

Setelah menentukan bagaimana spesifikasi per ruangan dalam rumah dan bagaimana suasana yang Anda inginkan, sekarang saatnya menghubungi desainer interior Anda. Menggunakan jasa desainer interior bukan berarti Anda menyerahkan semuanya pada desainer untuk diambil alih. Tapi Anda memberikan konsep dan gambaran lengkap apa saja yang Anda inginkan, dan desainer interior akan memberikan bantuan dan konsultasi untuk Anda. Bahkan tak jarang justru ada ide-ide di luar dugaan yang justru melebihi bayangan Anda.

Kelebihan menggunakan jasa desainer interior adalah Anda tak perlu susah payah bergerak dari satu toko interior ke toko lainnya hanya untuk mencari gorden mana yang paling pas untuk ruang tamu Anda. Tugas dari desainer interior yang Anda pakai adalah menyediakan pilihan di tangan Anda lengkap dengan spesifikasi, peletakan, dan harga untuk Anda pertimbangkan. Semua keputusan akhir di tangan Anda. Jadi ketika nantinya rumah sudah selesai dan siap digunakan, Anda bisa melihat bahwa desain interiornya adalah benar-benar hasil cita rasa dan selera Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s