Membangun rumah tanpa modal


5-Inspirasi-Manfaatkan-Pipa-Paralon-Bekas

Membangun rumah tanpa modal –  Membangun rumah identik dengan pengeluaran biaya yang besar, pernyataan ini bisa saja benar dan bisa juga keliru tergantung dimana dan bagaimana posisi pernyataan tersebut ditempatkan, untuk membangun rumah diperkotaan mungkin saja benar, untuk membangun rumah dengan arsitektur yang mewah tentu saja benar, lalu masih adakah cara membangun rumah tanpa modal? Jawabanya tentu saja ada , Dimana? 🙂 Bagaimana cara membangun rumah tanpa modal ? uraian artikel berikut mungkin dapat memberikan gambaran.

 

Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan antara yang satu dengan yang lainya, berbagai macam profesi berfungsi untuk melengkapi antara yang satu dengan yang lain, namun ketika nilai-nilai sosial tersebut mulai luntur dan segala kegiatan dinilai dari segi materialistis maka munculah sifat ingin memiliki sesuatu sebelum dimiliki orang lain, berbagai fasilitas kehidupan yang tersedia dialam semesta yang dahulunya gratis untuk dimanfaatkan secara bersama-sama telah diakui sebagai milik oleh setiap orang maka pada kondisi inilah kegiatan membangun rumah tanpa modal dikatakan tidak mungkin karena melibatkan barang dan kepemilikan orang lain.

rumah tinggal terapung di atas laut
Namun masih patut dibanggakan ketika menusia sedang giat-giatnya menuju kearah materialistis ternyata tetap ada masyarakat yang giat mempertahankan kehidupan dengan nilai sosial yang tinggi, sering kita dengar berita tentang masyarakat di daerah tertentu yang mempunyai adat budaya yang kuat, terutama dilingkungan pedesaan yang sifat gotong royongnya masih tinggi, ya kata kuncinya adalah gotong royong karena dengan cara tersebut kegiatan membangun rumah tanpa modal adalah suatu hal yang sangat bisa terjadi.

Bagaimana cara membangun rumah tanpa modal? 🙂  Dalam sebuah masyarakat yang nilai sosialnya tinggi akan selalu bersama –sama dalam membangun rumah tetangganya yang sedang membangun rumah, ada yang menyumbang bahan bangunan, ada yang membantu dengan tenaga kerja, ada yang memberikan makanan untuk dimakan bersama dalam kegiatan membangun, ada yang menyumbangkan sebidang tanah untuk dibangun rumah, kalau sudah begini apa masih memerlukan uang, inilah yang dinamakan membangun rumah tanpa modal, indah sekali bukan! Sayang sekali jika budaya asli Indonesia ini ditinggalkan, kebudayaan itulah sebenarnya yang mampu mengantarkan manusia sebagai makhluk yang berkonsentrasi untuk ibadah, bukan manusia yang berorientasi mencari uang atau materialistis sperti yang sering kita dengar diberita-berita itu.

Nah.. jika ingin membangun rumah tanpa modal maka kembalikan ke budaya gotong royong tersebut, atau bangunlah rumah pada lokasi masyarakat yang sekarang ini masih memegang teguh budaya tersebut sehingga kita dapat membangun rumah tanpa modal. 🙂

sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s