Cara curang di proyek bangunan


tips-dan-cara-membangun-rumah-murah-dengan-kualitas-bagus

 Cara curang di proyek bangunan Artikel ini ditulis bukan untuk di ikuti tapi hanya sekedar menorehkan hal-hal yang sebaiknya di hindari beberapa cara curang di proyek bangunan yang dapat merugikan berbagai pihak demi keuntungan pribadi, berikut ini hal-hal tidak baik yang mungkin terjadi dan wajib dihindari dilingkungan proyek bangunan.

Tender / lelang yang tidak adil

Proses tender atau lelang proyek pemerintah harus di lakukan dengan adil adalah sesuai sils pancasila yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia sehingga semua peserta lelang proyek dapat berkompetisi dan mengembangkan keahlianya masing-masing dengan baik.

Perhitungan volume bangunan atau material bangunan yang dilebihkan

Pembuatan rencana anggaran biaya bangunan proyek harus sesuai dengan kondisi bangunan yang sebenarnya, dengan tidak melebihkan hasil perhitungan volume bangunan untuk menambah keuntungan proyek bangunan.

Gambar kerja yang lebih dari kondisi lapangan sebenarnya.

Pembuatan gambar kerja yang melebihi kondisi sebenarnya

seperti penambahan ukuran atau material tertentu untuk meningkatkan volume dan harga borongan memang bisa menaikan keuntungan proyek, namun cara ini adalah cara curang di proyek bangunan yang wajib di hindari.

Pengurangan penggunaan material

Mengurangi penggunaan material seperti semen atau besi pada bangunan yang dikerjakan memang dapat memberikan keuntungan yang lebih besar namun cara ini bukanlah cara yang baik atau termasuk cara curang karena bisa berakibat fatal misalnya pengurangan kualitas spesifikasi struktur bangunan yang dapat menyebabkan keruntuhan bangunan.

 

Pemotongan hak – hak pekerja

Memotong hak-hak pekerja dengan tidak meberikanya sesuai dengan kewajiban memang dapat menghemat biaya operasional proyek dan memberikan keuntungan lebih banyak, namun hal ini merupakan cara curang di proyek bangunan yang dapat mnyebabkan berbagai keburukan terjadi.

Pembuatan laporan yang tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Pelaporan keuangan operasional proyek yang tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya memang dapat memberikan biaya gelap yang menambah keuntungan, namun ini adalah uang haram yang menjadi penyebab berbagai permasalahan.

Pengerjaan bangunan yang tidak sesuai dengan rencana

Misalnya dari segi pengurangan bentuk bangunan atau ukuran-ukuran bangunan dengan maksud untuk mendapatkan biaya sisa sebagai tambahan keuntungan merupakan cara curang di proyek bangunan.

dan masih banyak lagi cara-cara curang lainya di proyek bangunan yang sudah pasti tujuan utamanya adalah ” MENCARI KEUNTUNGAN LEBIH BANYAK”  namun ada batasan halal haram yang harus diperhatikan agar keuntungan proyek merupakan harta berkah yang mampu membuat perusahaan berkembang dengan baik tanpa di dera berbagai permasalahan sebagai akibat melakukan cara curang di proyek bangunan.

Cara baik di proyek bangunan

Masih terdapat banyak cara baik di proyek bangunan yang dapat dilakukan untuk menambah keuntungan seperti

Keuntungan borongan disepakati di awal antara pemilik proyek dan kontraktor sebesar sekian % dari total harga bangunan, ini adalah keuntungan halal.
Kontraktor melakukan inovasi misalnya dari segi metode pelaksanaan proyek sehingga dapat menghemat waktu serta tenaga yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu item pekerjaan.
melakukan value engineering yang tidak merugikan pemilik proyek.
dan masih banyak lagi yang lainya 🙂
Selamat bekerja untuk menyelesaikan proyek bangunan dengan cara yang baik dan benar 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s