tips dan trik : mengubah furniture lama dengan cita rasa baru agar rumah lebih menarik


MENGUBAH FURNITUR LAMA DENGAN RASA BARU

MENGUBAH FURNITUR LAMA DENGAN RASA BARU
Mulai bosan dengan furnitur yang semakin terlihat kuno? Ubah yuk furnitur lama mu jadi rasa baru . Lihat langkahnya disini

iDEAonline.co.id – Sebelum memutuskan untuk membuang atau mengganti furnitur Anda yang sekarang, coba perhatikan kondisinya dulu dengan seksama. Siapa tahu kerusakannya tidak terlalu parah. Anda bisa meminta tolong tukang langganan atau bahkan Anda bisa melakukannya sendiri untuk memperbaikinya. Bahkan tak hanya memperbaiki, Anda juga bisa mengubah furnitur lama dengan rasa baru dengan mengikuti panduan di bawah ini.

1. Perbaikan kecil

Copot dan ganti paku atau engsel furnitur yang rusak dan berkarat. Gunakan compound untuk menambal retak atau lubang pada furnitur kayu. Jika ada kerusakan oleh rayap, semprot dan lapisi dengan cairan anti rayap untuk mencegah kerusakan yang semakin parah.

2. Perbaiki laminate yang lepas

Biasanya jika laminate pada furnitur sering terkena air dan lembab, akan mudah lepas khususnya pada ujung atau sudut furnitur. Perbaiki dengan lem kayu untuk merekatkan kembali, oleskan lem dengan rata pada bagian belakang laminate. Tekan dengan keras agar merekat dengan sempurna, tunggu lem mengering, lalu lepaskan.

3. Pengecatan ulang

Cat bahan kayu atau besi dengan cat berbahan dasar minyak. Cat ini memberi efek kilap sempurna. Bersihkan cat lama pada furnitur dengan menggunakan ampla. Lepas dulu handle dan knob untuk memudahkan pengecatan kabinet. Anda bisa berkreasi dengan kombinasi warna atau gambar karya sendiri.

4. Ganti handle

Sesuaikan pilihan bentuk dan warna handle dengan kabinet Anda. Gunakan desain unik seperti bentuk binatang atau tokoh katun untuk furnitur anak. Anda juga bisa menggunakan bentuk handle yang bermacam-macam agar terlihat lebih unik. Intinya jangan takut untuk bereksperimen.

5. Make Over Sofa

Banyak pilihan bahan untuk mengganti pelapis sofa mulai dari kulit, oscar, chenille, hingga suede. Tambah busanya jika sofa tak empuk lagi. Selain kain pelapis sofa yang bersifat permanen, Anda bisa menggunakan sarung pembungkus sofa yang bisa dilepas pasang. Praktis.

6. Modifikasi furnitur.

Ubah furnitur Anda menjadi lebih fungsional. Anda bisa memasangkan kaki meja pada side table lama dan mengubah fungsinya jadi credenza. Ide lain Anda bisa memasang roda pada dasar side table untuk mengubahnya jadi kabinet yang mudah dipindahkan.

7. Gunakan Stiker Dekoratif

Tempel stiker dekoratif jika Anda mulai bosan dengan tampilan furnitur yang terlalu polos. Pilih motif yang bentuknya tidak terlalu berlebihan, seperti bunga atau pola sederhana lainnya.

Sumber : Majalah Renovasi hal 56, volume 14

Foto; cadomodern

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s